Backup Kontak Telepon

"Cara mudah agar kontak tidak hilang disaat ponsel hilang atau ganti baru."
Publikasi :    | 
Kemajuan teknologi jaman sekarang sudah sangat canggih namun sayangnya masih banyak orang yang belum mampu menyesuaikan diri dengan kemajuan teknologi tersebut.

Kontak Telepon

Salah satu kasus yang masih saja sering ditemui adalah Kehilangan Kontak Telepon gara-gara ponsel hilang, karena ganti ponsel baru atau karena ponsel rusak dsb. Itu adalah contoh fakta yang membuktikan bahwa masih sangat diperlukannya penyesuaian diri dengan perkembangan teknologi seperti sekarang ini.

Cara terbaik untuk menyesuaikan diri dengan perkembangan teknologi adalah dengan memanfaatkan waktu luang untuk menyerap informasi sebanyak mungkin. Bukankah teknologi sudah ada dalam genggaman tangan ??? Dan teknologi itu tertuang dalam bentuk informasi yang dapat dengan mudah kita akses melalui ponsel.

Tips & Cara melindungi kontak telepon.

Sebenarnya untuk melindungi kontak telepon itu sangatlah sederhana dan hanya perlu 1x setting saja yaitu pada saat ponsel pertama kali diaktifkan dengan email. Namun banyak orang yang justru mengabaikan betapa pentingnya email dan sandi email yang digunakan pada ponselnya tersebut. Faktanya, banyak pengguna ponsel Android yang lupa dengan sandi emailnya, akhirnya membuat email baru.
Hal itu dikarenakan mereka tidak memahami fungsi penting email pada ponsel Android yang berbasis internet. Jadi akun email merupakan kunci master bukan hanya agar bisa menggunakan ponsel saja namun juga sebagai kunci master keamanan ponsel beserta data-data dan juga berkas-berkas penting lainnya.
Membuat email baru sebenarnya bukanlah solusi untuk melindungi data namun justru menghilangkan akses untuk membuka data-data sebelumnya. Karena email baru tidak otomatis terhubung dengan email lama yang tidak bisa dibuka karena lupa sandi.

Sehingga solusi yang tepat dan bijak adalah :

1. Rawat akun email Android dan nomor ponsel.
Merawat email dan nomor ponsel tentu saja BUKAN dengan gonta-ganti email / nomor ponsel. Tapi dengan cara menjaga dan mempertahankan email beserta nomor ponsel yang kita pakai agar tetap aktif dan bisa kita gunakan / kita akses kapan saja dibutuhkan.
Untuk menjaga email, gunakan kata sandi yang mudah diingat serta hubungkan email tersebut dengan nomor ponsel.
Tujuan menghubungkan email dengan nomor ponsel adalah agar kita mempunyai akses untuk memulihkan kata sandi apabila suatu ketika kita lupa dengan sandi email kita.
Untuk tips terkait nomor ponsel, baca informasinya di halaman ini.

Jadi kuncinya hanya itu saja, yaitu jaga alamat email beserta nomor ponsel dan hubungkan keduanya.

Email dan telepon
Phone - Email

Manfaat email dan nomor ponsel

Ketika ponsel hilang / rusak, data ponsel terhapus karena reset atau ganti ponsel baru, kamu tidak perlu harus membuat email baru. Kamu bisa menggunakan lagi email lama yang dipakai pada ponsel sebelumnya maka data-data yang pernah tersinkron pada email tersebut dapat di-RESTORE atau dimuat lagi pada ponsel yang baru.
Tak hanya data kontak saja yang bisa kamu akses diponsel baru dengan email lama. Tapi juga data aplikasi yang pernah kamu instal, file musik, video hingga foto pada ponsel sebelumnya juga bisa kamu kembalikan. (Dengan catatan data dan file pada ponsel sebelumnya sudah tersinkron dengan email)
Ya meskipun kamu harus menghabiskan banyak kuota / data internet pada saat me-restore data-data / file tersebut. Data internet bisa dibeli, bisa juga pakai WiFi tapi data dan berkas penting bisa kamu akses kembali diponselmu.

Jika ternyata ponsel sebelumnya tidak tersinkron maka mulailah dari sekarang untuk segera mensetting dan mengaktifkan sinkronisasi ponselmu. Jangan terulang lagi hal yang menjemukan yaitu memasukkan satu persatu kontak secara manual. Apakah itu tidak ketinggalan jaman namanya???

Itulah manfaat menjaga email dan sandi beserta nomor ponsel dalam melindungi data.

2. Aktifkan sinkronisasi.

Semua jenis ponsel Android /ataupun IOS sudah tersedia fitur Backup & Restore data. Kita hanya perlu mensetting sekali saja dipengaturan ponsel maka secara otomatis data-data yang disetting akan tersinkron sendiri secara berkala sesuai pengaturan yang kamu sesuaikan selama ponsel dan koneksi internet aktif tentunya.

Sinkronisasi Kontak Google

Suatu saat apabila ingin mengganti ponsel dengan yang baru atau karena masalah lain seperti disebutkan diatas, kamu tak perlu ribet lagi. Cukup dengan memasukkan kembali akun email lama lalu restore (memulihkan) data-data dan berkas-berkas lain yang kamu perlukan terutama nomor kontak maka akan kembali seperti semula.

Akses kontak :


Google Contact

Pastikan kamu sedang menggunakan ponsel Android.
- Lihat kontak yang tersinkron di akun Google-mu : Buka kontak Google

  • Disitu akan kamu lihat semua jenis kontak yang sudah tersinkron secara otomatis ke akun Googlemu termasuk email dan nomor ponsel. Jika tidak ada berarti kamu tidak pernah mensetting sinkronisasi kontak ponselmu.
  • Semua kontak yang ada dihalaman tersebut dapat dipulihkan ke perangkat ponsel lain atau perangkat ponsel baru yang kamu mau. Dengan syarat : gunakan email yang kamu gunakan saat ini.
  • Jika terdapat kontak yang belum kamu temukan, kamu bisa mensinkronkan kontak pada menu kontak ponselmu.
  • Ingat, membuat email baru bukan solusi untuk mengembalikan data dari akun lama. Kecuali email baru itu akan digunakan untuk mensinkron data-data yang baru.
< Sebelumnya  
Selanjutnya >

Posting Komentar

Berkomentarlah dengan bijak, komentar Anda mencerminkan cara pikir Anda.
© 2019 - Blog Handy Eko. All rights reserved. Developed by Handy Eko C