Hal penting yang selalu diabaikan pengguna MedSos

"Pengguna Media Sosial wajib tahu agar akun tetap aman."
Publikasi :    | 

Akun Media Sosial Facebook

Sejak awal mulai populernya sekitar tahun 2008 - 2009 hingga kini, Facebook telah memiliki berjuta-juta pengguna dari seluruh belahan dunia termasuk Indonesia. Bersamaan dengan itu pula Facebook semakin berpengalaman dalam mengelola sistem untuk kenyamanan penggunanya. Tak hanya Facebook, media sosial lainnya pun tentu sama. Memprioritaskan kenyamanan pengguna agar keberadaan atau popularitasnya meningkat atau setidaknya tetap terjaga.
Email dan akun Media sosial

Berbeda dari sudut pandang pengguna, dimana kebanyakan tidak memperhatikan peningkatan fitur-fitur tersebut pada media sosial yang digunakannya. Padahal saat ini Facebook telah memiliki banyak sekali fitur untuk mendukung kegiatan penggunanya. Sebagai contoh sekaligus yang menjadi topik postingan kali ini adalah fitur keamanan akun antara lain :

Email dan Nomor kontak.

Kedua hal ini adalah hal penting namun sering kali diabaikan oleh pengguna media sosial tak hanya Facebook saja, media sosial lain pun serupa.

Kenapa Email dan Nomor kontak begitu penting ?

Karena keduanya digunakan sebagai sarana untuk memulihkan keamanan akun apabila lupa password atau ketika akun dibobol / dihack oleh orang yang tidak bertanggung jawab.
Bobolnya akun itupun bisa terjadi karena pengguna tidak memaksimalkan keamanan akunnya yang faktor pendukungnya hanya email dan nomor ponsel / kontak itu saja.
Email atau nomor kontak untuk akun Facebook itu ibarat kunci dari sebuah rumah. Siapa yang memegang kunci itu maka dialah yang akan mengendalikan pintu keluar masuknya.
Ya penulis mengibaratkan seperti itu berharap agar lebih mudah dipahami pentingnya menjaga email atau nomor kontak pada akun MedSos. Sebagai ajakan untuk lebih mengamankan akun terutama pengguna yang ingin akunnya tetap aman. Karena pasti setiap akun akan menyimpan berbagai informasi ataupun konten penting / pribadi yang tentu tidak ingin dilanggar privasinya.
Rawatlah email anda, setidaknya seminggu sekali buka folder inbox atau cek spam / menghapus pesan.

Jika ingin lebih aman lagi, buat email lain yang berbeda dan tautkan akun Anda dengan kedua email tersebut. Yang lama biarkan sebagai email utama dan yang baru gunakan sebagai alamat pemulihan agar jika email utama bermasalah. Tambahkan juga nomor ponsel yang selalu aktif dan anda gunakan untuk opsi pilihan pemulihan akun.

Anda tak perlu memperlihatkan email atau kontak jika sekiranya diperlukan dan Facebook menyediakan pengaturan untuk itu di akun medsos Anda masing-masing.

< Sebelumnya
Selanjutnya >

Posting Komentar

Berkomentarlah dengan bijak, komentar Anda mencerminkan cara pikir Anda.
© 2019 - Blog Handy Eko. All rights reserved. Developed by Handy Eko C