Hal-hal wajib dalam membuat blog

"Melengkapi struktur blog untuk mendukung optimasi dan popularitas blog"
Publikasi :    | 

Kelengkapan struktur Blog

Struktur Data Blog

Selain SEO serta konten yang unik atau memuat isi yang original, bukan plagiat atau hasil copy paste beberapa hal lain yang juga penting untuk menyempurnakan blog adalah struktur blog.
Struktur blog inilah yang membentuk tampilan blog pada saat dimunculkan di hasil pencarian yang fungsinya memberikan "navigasi" tambahan pada hasil pencarian atau dalam Search Console diistilahkan dengan Cuplikan Kaya (Rich Snippet).
Dibawah ini contoh hasil pencarian dari salah satu blog yang dikelola penulis dengan kata kunci nama blog :
Cuplikan Kaya pada hasil pencarian

Sebenarnya Blogger sudah menyematkan semua fitur untuk melengkapi struktur tersebut. Hanya saja tergantung admin blog apakah menggunakannya atau tidak. Dan harus dicatat bahwa :
Google tidak serta-merta menampilkan  cuplikan kaya pada hasil pencarian, melainkan memerlukan waktu seiring dengan peningkatan popularitas blog.
Sebagai contoh adalah Kamus CSS ini juga salah satu blog yang dikelola penulis, karena masih terhitung blog yang baru dioptimasi baik struktur serta kontennya maka pada hasil pencarian akan ditampilkan seperti ini  :
Hasil pencarian Google

Struktur Penting

Tanggal publikasiDate Published
Gambar ilustrasiImage
Nama penulisAuthor
Kategorilabel (tag)

Struktur diatas hanya menyebutkan bagian yang dapat diubahsuaikan saja karena bagian lainnya sudah otomatis termasuk dalam blog seperti :
Alamat blogURL
Judul postinganTitle
Isi postArticle
Profil penulisLink author

Struktur pendukung


  • Kolom pencarian
  • Laman / menu navigasi
  • setting robot.txt

Demikianlah struktur blog yang penting dan wajib ditampilkan pada blog untuk melengkapi elemen microformat dan mendukung optimasi SEO versi Handy Eko Cahyono, semoga bermanfaat.
< Sebelumnya
Selanjutnya >

Posting Komentar

Berkomentarlah dengan bijak, komentar Anda mencerminkan cara pikir Anda.
© 2019 - Blog Handy Eko. All rights reserved. Developed by Handy Eko C