Antara Pendidikan dan Kasih Sayang - 2

"Tentang memaknai Pendidikan dan Kasih Sayang serta perbedaannya - bagian ke 2 - habis."
Publikasi :    | 
Setelah melihat contoh fakta yang terjadi pada artikel di halaman sebelumnya, kembali kepada topik utama yaitu bagaimana "orang tua jaman now" menerapkan makna Pendidikan dan Kasih sayang kepada anaknya.

Bukan berarti disini akan memberikan jawaban yang benar tentang hal tersebut. Tetapi setidaknya mungkin dapat memberikan arahan menuju jawaban yang terbaik untuk itu. Setiap orang tua bisa saja memiliki sudut pandang yang berbeda, itu alasannya.
Antara Pendidikan dan kasih Sayang
Ilustrasi Foto oleh : Artem Bali

Pendidikan adalah tentang akal pikiran.

Jika kita telusuri arti dari kata pendidikan adalah suatu kegiatan yang membangun seorang anak dari segi akal pikirannya. Membangun kecerdasan dalam berfikir, mengolah fikiran dan "memancing" anak agar dapat mengekspresikan ide-ide melalui materi pelajaran dan diuji dengan pertanyaan / soal-soal untuk mengukur sejauh mana kemampuan anak tersebut.
Tak jarang juga mendidik itu akan memberikan batasan-batasan, rintangan bahkan kesulitan kepada seseorang.

Kasih Sayang adalah tentang hati / perasaan.

Berbeda dengan arti kata kasih sayang, dimana kasih sayang itu lebih kepada penyaluran perasaan yang berasal dari hati dan bukan dari akal pikiran.
Kasih sayang cenderung kepada keinginan untuk memberikan segala hal yang bertujuan untuk membahagiakan. Keinginan untuk melepaskan dari batasan, kesulitan atau rintangan.

Dari penelusuran arti pendidikan dan kasih sayang diatas, tentunya akan ditemukan perbedaan bahkan bertolak belakang. Disitulah "kelemahan" para orang tua jaman now, yaitu tidak menyadari arti kedua hal tersebut dengan baik bahkan mungkin mengabaikannya. Sehingga dalam penerapannya sehari-hari pun seolah "amburadul", sulit menentukan kapan saatnya mendidik dan kapan saatnya memberikan kasih sayang.
Justru lebih cenderung kepada hati dan mengabaikan akal dan hal ini bukan mendidik tentunya.

Kasihankan anak saya dibegitukan..., saya tidak terima ...

Selanjutnya kembali kepada pribadi masing-masing orang tua bagaimana  yang terbaik untuk anak Anda. Dalam masa perkembangan ingin memberikan lebih dengan hati atau dengan akal ? Tentunya keduanya mutlak diberikan namun jangan lupakan :

Berakit-rakit dahulu, berenang ketepian
Bersakit-sakit dahulu, bersenang kemudian.
< Sebelumnya
Selanjutnya >

Posting Komentar

Berkomentarlah dengan bijak, komentar Anda mencerminkan cara pikir Anda.
© 2019 - Blog Handy Eko. All rights reserved. Developed by Handy Eko C